Manajemen Mutu

Aspek penting yang mempengaruhi mutu pendidikan adalah kepemimpinan dan manajemen mutu. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa melalui manajemen mutu dan kepemimpinan yang efektif, maka kondisi sekolah dapat tertata dan terselenggara dengan baik. Saat ini, banyak lembaga pendidikan yang memiliki penjaminan mutu yang akuntable, otonom, dan transparan guna memberikan pelayanan dan meningkatkan aktivitas pembelajaran yang terukur.

Salah seorang pakar manajemen pendidikan terkemuka di Amerika Serikat merekomendasikan bahwa efektifitas dan kemajuan sekolah di negara modern dikarenakan pembangunan yang dimulai dari sisi kepemimpinan dan penataan kembali manajemennya. Dua hal tersebut yang menjadikan pendidikan menjadi luar biasa dan maju.

Pendidikan merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang industri mulia yang mengemban misi ganda, yakni setengah profit dan sosial. Profit karena tanpa modal dan dukungan finansial yang cukup, pendidikan juga tidak dapat berlangsung secara baik. Namun bukan untuk mengambil keuntungan yang besar.

Penjaminan mutu sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan sebagai tolak ukur untuk menilai keberhasilan atau kegagalan. Tanpa adanya penjaminan mutu, lembaga pendidikan akan sulit melihat tingkat ketercapaian kualitas atau daya saing yang dimilikinya. Jika lembaga pendidikan tidak didukung oleh pemimpin yang berkualitas dan paham tentang seluk beluk manajemen, maka kepemimpinannya akan rawan bahkan mengkhawatirkan memunculkan sistem manajemen yang kurang efektif. Dan ini akan berakibat lembaga pendidikan yang akan mengalami stagnasi dan status quo.

error: Content is protected !!