photo of people near wooden table

Siswa bekerja bersama untuk memecahkan masalah

 Banyak pola yang bisa dilakukan dalam proses pembelajaran kolaboratif. Siswa juga bisa diajak untuk menentukan pola kerja kolaboratif yang akan mereka lakukan. Umumnya polanya dibagi tiga jenis. Pertama, urutan pembahasan masalah dan pencarian informasi dengan urutan bolak-balik atau bisa sekali tuntas. Kedua penugasan siswa dalam tim dapat dilakukan berdasar minat, rotasi atau spesialisasi. Ketiga, jumlah anggota yang terlibat dalam pencarian informasi dibuat perindividu, berpasangan, atau lebih dari dua orang.

Mengajak Siswa Menentukan Pola Kerja Kolaboratif

Pembentukan tim juga perlu mempertimbangkan tingkat pengetahuan, latar belakang, dan pengalaman yang berbeda. Perbedaan tersebut akan membawa dampak positif dalam proses kerja kolaboratif siswa, misalnya :

  • setiap individu akan membawa kekuatan bagi timnya,
  • setiap anggota tim bertanggungjawab ada kekuatan mereka,
  • anggota tim yang tidak nyaman dengan mayoritas harus didukung untuk memberi masukan,
  • anggota berkomitmen untuk mencapai tujuan bersama.
admin

Eassy

Leave a Comment